Farnsworth House
Pengantar
Desain hunian yang disiapkan oleh Mies van
der Rohe pada tahun 1946, atas perintah Dr Edith Farnsworth, yang ingin
memiliki rumah kedua di mana untuk menghabiskan beberapa waktu dalam suasana
yang santai dan soliter. pembangunan dilakukan pada tahun 1950 dan biaya,
lebih tinggi dari anggaran awal, akhirnya menyebabkan keretakan serius antara
klien dan arsitek. Dr. Farnsworth menuduhnya telah melampaui commissioning
dan Mies merasa bahwa wanita kaya Farnsworth tidak memiliki kepekaan terhadap
arsitektur.Dokter menjawab bahwa ketika rumah itu dipasang pada akhir tahun
1950, air tanah meresap ke dalam interior dan metode pemanasan uap yang
dihasilkan kondensasi pada kaca. Jadi, sengketa akhirnya mencapai
pengadilan yang akhirnya memutuskan mendukung arsitek, mengutuk dokter untuk
membayar biaya tambahan yang tinggi untuk menutupi biaya rumah.
Terlepas dari kontroversi antara arsitek dan
klien, Farnsworth House memiliki beberapa
masalah desain. Sudah menunjukkan bahwa ia tidak memiliki AC dan untuk
itu, e di musim hangat, menghasilkan efek yang mirip dengan rumah kaca.
The Farnsworth House telah melalui
berbagai perubahan. Dijual pada tahun 1964 untuk pemilik swasta lain, pada
tahun 2004 dua kelompok konservasi Amerika mengadakan kampanye penggalangan
dana untuk memperolehnya, setelah bangunan telah diterbitkan sebagai situs
sebuah pengunjung.
Situasi
Gedung ini terletak di tengah-tengah padang
rumput dan pohon di plot alami besar.
Ke selatan, rumpun besar berfungsi untuk
melindungi rumah, menyebarkan cabang-cabangnya ke ketinggian yang cukup di
teras travertine.
Sangat dekat dengan rumah mengalir Sungai
Fox, yang kadang-kadang banjir akibat curah hujan yang signifikan. Ini
adalah salah satu alasan utama rumah dibangun di tanah yang tinggi.
Konsep
Farnsworth House, ikon arsitektur Gerakan
Modern, terletak di alam dekat sungai, dipisahkan dari tersebut dengan hutan di
satu sisi dan padang rumput di sisi lain.
Bangunan ini diselenggarakan di dua platform
persegi panjang. Pertama, diakses melalui empat langkah linear, tidak
memiliki dinding atau atap dan bertindak sebagai teras, yang didukung di atas
tanah oleh empat pilar baja. Dari sini, lima langkah identik menyediakan
akses ke platform kedua, terletak 1,5 meter di atas tanah dan didukung oleh
delapan pilar baja. Ini terdiri dari ruang awal, tertutup tetapi terbuka
ke luar pada tiga sisi-sisinya, yang digunakan sebagai beranda. terakhir
ini disebut memperhatikan dua fakta mendasar. Pertama, itu adalah
benar-benar tanpa dinding, yang telah digantikan oleh tampilan dari tanah ke
langit-langit kaca dan tirai, yang jika ditutup, menghambat visi ke dalam
rumah. Kedua, rumah tidak memiliki perpecahan internal dalam
bermain. Hanya satu, ke tengah ruang, kotak kayu yang rumah dua kamar
mandi yang dipisahkan oleh lemari linen, dan di samping itu dapur, yang disebut
"Amerika". Sisa volume interior perumahan tidak terkotak, tetapi
dibedakan sebagai area lounge dengan perapian, ruang makan dan dua kamar tidur.
Simbolisme
Hal ini jelas bahwa rumah yang
membagi-bagikan sepenuhnya dengan dinding eksternal, serta partisi internal
adalah pengunduran diri eksplisit dan mutlak untuk salah satu karakteristik
dasar dari ruang domestik: privasi.Selain itu, kelangkaan barang-barang yang
digunakan dalam pembangunan rumah merupakan sintesis brilian filsafat minimalis
dan filsafat konstruktif Mies: "kurang lebih." Pada saat yang
sama, glazur lengkap dari dinding rumah memungkinkan seseorang untuk melihat
pemandangan di mana ia dimasukkan, sehingga bangunan menjadi bagian dari
lingkungan alam, sehingga hampir tak terlihat. Dengan demikian, ada negasi
dari sangat materialitas bangunan, sehingga dapat dikatakan bahwa Farnsworth House adalah sebuah rumah,
tampaknya tidak ada.
Di sisi lain, pemisahan rumah dari tanah di
mana ia duduk dengan pilar telah dikaitkan dengan ide kemurnian, dalam
arsitektur Jepang yang sangat tradisional ini. Dominasi mutlak kaca
disinggung ide hubungan antara interior dan eksterior, antara publik dan
swasta, dengan yang terakhir, dalam hal ini, hampir tidak ada. Yang akan
membawa kita untuk tingkat maksimum nya sendiri arus tertentu arsitektur:
koneksi lengkap antara individu dan alam, terputus hanya oleh kehadiran tak
terhindarkan dari dua kamar mandi dan lemari.
Spasi
Sebuah inti kayu sentral berisi fasilitas
sanitasi dan menciptakan pemisahan antara dapur, dua kamar tidur dan ruang
tamu. 111 m 2 teras diperpanjang ke arah padang
rumput dan tingkat dikomunikasikan dengan cara tangga.
Struktur
Dalam hal struktur statis Farnsworth House adalah pernyataan
terbesar dari minimalis, hanya menggunakan minimum yang diperlukan untuk
menjamin stabilitas rumah.
Unsur-unsur minimal mencakup 8 kolom,
dipisahkan oleh jarak 6.60 meter, mendukung dua lempeng yang membentuk lantai
dan langit-langit.
Interior, dengan ketinggian yang jelas dari
2,85 meter, hanya yang terpecah menjadi blok layanan sanitasi yang berisi
toilet. 2,75 meter yang terrave slab, didukung oleh
hanya 4 kolom dan mengarah ke pintu masuk membantu untuk menekankan tidak
material rumah.
Bahan
Karya arsitektur dilakukan dalam baja, pelat
kaca dan travertine Romawi di lantai dan dek. Semua pilar baja yang memegang kedua platform
yang bagian persegi dan telah mengecam dan dipoles.Mereka kemudian telah dicat
putih, membuat lasan mereka hampir tak terlihat.
Lantai rumah tersedia dalam dua lapisan untuk
tinggal di dalam sebuah sistem yang disebut calefaccción dari lantai bersinar,
dan semua saluran air dari pipa domestik, yang membuang ke dalam wastafel satu
di bagian melingkar pusat, yang akan juga menghentikan air hujan dari atap,
yang datar, tapi sedikit cenderung ke arah tengah, untuk memungkinkan drainase
air. lantai diatur dalam dua lapisan, antara yang
merupakan pipa dan sistem drainase. Elemen pipa domestik dan juga air
hujan run-off tumpahan ke dalam dada circluar pusat. atap, sementara
sebagian besar datar, sedikit cenderung ke arah pusat untuk memaksa air berlari
menuju tepi.
Gambar
0 komentar:
Posting Komentar