Lange & Ester House
Pengantar
Tak lama setelah pembangunan rumah bata
modern pertama untuk Erich Wolf dalam 1927, di tepi Sungai Neifée, dua teman
dekat, Hermann Lange dan Josef Ester, produsen tekstil industri di Krefeld,
ditugaskan Mies untuk membangun dua rumah di berbatasan properti. Hermann
Lange adalah seorang kolektor seni modern dengan banyak kontak di Berlin.
Kedua klien yang direktur Uni Silk Weaving,
yang Mies van der Rohe dan Lilly Reich menerima pesanan substansial selama
beberapa tahun. Mies dibangun sebuah bangunan industri dengan Lilly Reich
bagi perusahaan dan bekerja di berbagai pameran untuk industri
sutra. Kedua rumah sekarang dimiliki oleh kota Krefeld dan digunakan
sebagian untuk pameran seni kontemporer dari museum seni lokal.
Konsep
Berdasarkan pendekatan awal yang digunakan
untuk Wolf House, Mies menggunakan dua proyek ini sebagai kesempatan untuk
menyempurnakan rumah tinggal. Metodenya adalah untuk menghubungkan irama
arsitektur bangunan dengan pemandangan alam dan ruang yang berdekatan.
Di bagian dikhususkan untuk kebun, jendela
besar dan pintu akses ke teras menciptakan komunikasi yang intens dengan
luar. Berbeda dengan Wolf dan Riehl Rumah, dua rumah dari Krefeld tidak
menikmati pemandangan yang indah, sehingga mereka lebih fokus pada pandangan
interior.
Setelah dipahami secara keseluruhan, keduanya
memiliki distribusi yang sama ruang. Interior kontras dengan pendekatan
Mies untuk urbanisasi Stuttgart, dan di sini arsitek memberikan sebuah ruang
cairan tunggal yang mendukung urutan kamar terpisah.
Struktur
The Lange & Ester Rumah muncul sebagai
bangunan batu bata yang terdiri dari saling kubus dan di antara bangunan modern
pertama di mana konstruksi bata telah digunakan untuk sesuatu selain tujuan
pemikul beban, sehingga fasad sangat tidak biasa.
Dinding eksterior ditutupi dengan gelap,
dipanggang-bata plesteran untuk menghasilkan efek monolitik.Struktur utama
rumah adalah baja, memungkinkan arsitek untuk memotong lubang besar di dinding
eksterior untuk jendela besar yang akan sebaliknya mungkin dengan dinding
bata. Salah satu fakta yang berlebihan terganggu Ernst Walter, seorang
spesialis beban statis dan teman Mies, adalah bahwa perhitungan baja awal yang
ditentukan oleh konfigurasi, dan menaati aturan yang penting. Tapi dalam kasus
ini mereka katering lebih untuk aspek estetika daripada struktural. Hal
ini tercermin, misalnya, di dinding eksterior muncul untuk dibebaskan dari
setiap gaya statis untuk mengizinkan bukaan besar. Dengan itu, ada
kontradiksi antara karakter estetika fasad dan kondisi struktural mereka.
Konflik antara ingin menciptakan arsitektur
dan konstruksi kondisi yang indah tidak diselesaikan untuk Mies sampai
Barcelona, dengan differentiatil lengkap antara "dukungan" dan
"dinding."
Penolakan struktural mungkin berasal dalam
studi pola De Stijl, yang menurut salah satu harus menunjukkan secara eksplisit
kebutuhan untuk bergeser dan tumpang tindih berbagai elemen. Teori ini
menyadari bagaimana struktur menyimpang dari logika rasional.
Gambar
0 komentar:
Posting Komentar